Kamis, 30 November 2017

ETIKA SISTEM INFORMASI

  • Etika



          Prinsip - prinsip benar dan salah yang digunakan individu untuk membuat pilihan                  yang memandu perilaku mereka. 

  • Kerangka Etis
         4 Pendekatan yang digunakan secara luas
         -  Utilitarian (kegunaan): menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut/etis adalah                  yang memaksimalkan penggunaan (utility)
         -  Rights (hak): menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut/etis adalah yang                        menghormati hak - hak orang lain
         -  Fairness ( keadilan): menganggap semua manusia sama
         -  Common Good Approach (kebiasaan baik yang umum): kebiasaan yang ada di                    masyarakat, menghormati dan kasih sayang antar masyarakat adalah tindakan etis


        5 Langkah dalam penentuan kerangka etis
        -  Kenali masalah etika yang ada
        -  Dapatkan sebuah fakta
        -  Evaluasi tindakan alternatif
        -  Buat keputusan dan uji
        -  Bertindak dan renungkan hasil keputusan

  • Etika dalam lingkungan perusahaan
         Kode Etik: Aturan tertulis yang sengaja dibentuk

Contoh kode etik


          -  Dasar berlakunya etika:
             -  Responsibility (tanggung jawab): menerima konsekuensi dari keputusan/tindakan
             -  Accountability (akuntabilitas): mengacu pada siapa yang bertanggung jawab
             -  Liability (kewajiban): memberikan hak pemulihan 
  
  • Etika dan Teknologi Informasi
         4 Kategori umum masalah etis terkait dengan Teknologi informasi
         -  Masalah privasi : Dimana kerahasiaan kita sudah tidak terjamin lagi
         -  Masalah akurasi : Ketika tidak adanya ketepatan data yang sesuai
         -  Masalah properti : Dimana objek yang ada di dalam dunia IT menentang etika
         -  Masalah aksesibilitas : Dimana kefleksibelan kita mulai terbatas 

  • Privasi
         Privasi adalah hak untuk dibiarkan sendiri dan bebas dari gangguan pribadi yang                   tidak masuk akal.


        Privasi informasi : hak untuk menentukan kapan, dan sejauh mana, informasi tentang            anda dapat dikumpulkan/dikomunikasikan kepada orang lain


        Aturan yang berlaku di banyak negara antara lain : 
        -  Hak privasi tidak mutlak. Privasi harus seimbang terhadap kebutuhan masyarakat
        -  Hak masyarakat untuk mengetahui dan menggantikan hak privasi individu


        1. Berkas digital : Data yang dikumpulkan tentang anda didalam kehidupan sehari -                  hari (ATM, CCTV, layanan internet)
        2. Profiling : Proses pembentukan berkas digital
        3. Data aggregators : Perusahaan  yang mengumpulkan data publik seperti catatan                  real estate dan nomor telepon yang diterbitkan, disamping informasi non publik                      seperti nomor jaminan sosial, data keuangan, catatan kriminal, dan kendaraan                      bermotor

  • Pemantau Elektronik
       - Menggunakan teknologi untuk memonitor kegiatan sehari - hari
       - Dilakukan oleh pengusaha, pemerintah dan lembaga lainnya
       - Contoh: pemantau kamera di airports, subways, banks dan tempat umum lainnya
       - Sensor digital yang ditemukan di webcam laptop, sensor video game, kamera                       smartphone, utilitas meter, paspor dan kartu id
      - Google dan microsoft street view images




  • Kode dan Kebijakan Privasi
    
        - Pedoman organisasi sehubungan dengan melindungi privasi pelanggan, klien, dan                karyawan
           -  Opt-out model : memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi                          pribadi sampai pelanggan meminta secara khusus agar data tidak dikumpulkan
          -  Opt-in model : organisasi dilarang mengumpulkan informasi pribadi apapun kecuali               pelanggan secara khusus memberrikan kewenangan itu






Sumber :


















0 komentar:

Posting Komentar