- Transaction Processing System
Transaction merupakan sebuah event simpelyang terjadi dalam sebuah organisasi. Merupakan sebuah event yang dapat terjadi sebagai sekumpulan/sederetan langkah.
Transaction system adalah sistem yang digunakan untuk menangani pengolahan (processing) dan penjejakan (tracking) transaksi. Transaction system merupakan versi berbasis komputer dari sebuah sistem manual yang ada dalam organisasi yang di khususkan untuk menangani transaksi dalam organisasi.
Production dan operation merupakan fungsi dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk proses transformasi input menjadi output. Fungsi ini bisa berbeda, tergantung dari tipe organisasi. Organisasi manufaktur akan berbeda dengan organisasi yang menyediakan jasa atau berbeda dengan universitas atau rumahsakit.
2. Human Resources
3. Sales and Marketing
Tipe -tipe Transaction Processing System
- Batch Processing : Transaksi yang ada dikumpulkan terlebih dahulu dan kemudian diproses secara bersamaan. Contoh : PDAM, PLN, kartu halo
- Online Transaction Processing : Transaksi langsung diproses begitu diterima. Contoh : Check in tiket, Mesin ATM
- Sistem Informasi Fungsional
Piramida sistem informasi |
Departmental (functional) IS
- Functional area : cakupan (coverage) aktivitas yang dilakukan dalam sebuah organisasi
- Functional information System : sistem informasi yang memiliki cakupan pada satu functional area
- Memfasilitasi pekerjaan dan menghasilkan informasi untuk satu departemen atau satu functional area. Misal : keuangan, Sumber daya manusia,dll.
Sekumpulan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi untuk memberikan nilai tambah bagi produk atau jasa yang diberikan. Meliputi inbound logistic, warehouse and storage, outbound logistics, marketing and sales,and cutomer service.
- Contoh Sistem Informasi Fungsional
1. Production and Operation
Production dan operation merupakan fungsi dalam organisasi yang bertanggung jawab untuk proses transformasi input menjadi output. Fungsi ini bisa berbeda, tergantung dari tipe organisasi. Organisasi manufaktur akan berbeda dengan organisasi yang menyediakan jasa atau berbeda dengan universitas atau rumahsakit.
2. Human Resources
HRD merupakan bagian terpenting yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup perusahaan.Oleh karena itu, beberapa perusahaan menganggap bahwa HR adalah nyawa bagi perusahaan. Pada dunia kerja, HR memiliki tugas dalam proses rekrutmen atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari kandidat terbaik, melakukan sesi wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian. HR juga bertanggung jawab penuh dalam mengelola dan menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang ada, serta mengembangkan potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode, seperti penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance Index) dan juga memberikan pelatihan-pelatihan atau trainning mengenai kepemimpian dan keterampilan lain dunia kerja.
3. Sales and Marketing
Sales dan marketing tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling terkait. Seorang sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjual produk, oleh karena itu seseorang sales harus memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan baik kepada setiap orang yang berhubungan langsung dengan produk tersebut. Kemampuan untuk berkomunikasi ini sangat diperlukan dan harus disesuaikan dengan waktu, tempat dan karakter orang yang ditemui. Hal ini akan sangat terasa sekali apabila terjadi masalah yang menyebabkan seorang sales harus menghadapi lebih dari satu orang dengan beragam keinginan pula.
Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada konsumen.
4. Asset Management
Sistem informasi ini digunakan untuk mengelola inventaris asset dalam sebuah organisasi. Fungsi bisnis yang terlibat dapat mengikuti siklus hidup asset, mulai perencanaan sampai dengan disposal asset (penghapusan asset).
5. Accounting
Sistem informasi akuntansi digunakan untuk mendukung pencatatan dan pelaporan
berbagai transaksi bisnis dan aliran dana di dalam organisasi.
- Order Process
Mencatat dan memproses permintaan (order) pelanggan dan mencetak
invoice pelanggan,
- Inventory Control
Memproses data yang mencer minkan perubahan pada inventori dan memberikan
informasi pemesanan dan pengiriman.
- Accounts Receivable
Mencatat jumlah tagihan kepada pihak pelanggan dan menghasilkan laporan kredit
pada manajemen.
- Accounts Payable
Mencatat pembelian dari, utang atau tagihan kepada pemasok dan pembayaran ke
pemasok serta menghasilkan cash management reports.
- Payroll
Mencatat pekerjaan dan data kompensasi serta mengasilkan paychecks dan laporan
penggajian.
- General Ledger
Melakukan konsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan
laporan keuangan periodik.
Sumber:
1. Power Point Pengantar Teknologi Informasi oleh : Aloysius Bagas Pradipta Irianto
S.Kom., M.Eng.
0 komentar:
Posting Komentar