Kamis, 30 November 2017

TRANSACTION PROCESSING SYSTEM



  • Transaction Processing System

       Transaction merupakan sebuah event simpelyang terjadi dalam sebuah organisasi.               Merupakan sebuah event yang dapat terjadi sebagai sekumpulan/sederetan langkah. 
       Transaction system adalah sistem yang digunakan untuk menangani pengolahan                 (processing) dan penjejakan (tracking) transaksi. Transaction system merupakan                   versi berbasis komputer dari sebuah sistem manual yang ada dalam organisasi yang           di khususkan untuk menangani transaksi dalam organisasi.


     Tipe -tipe Transaction Processing System

      -   Batch Processing : Transaksi yang ada dikumpulkan terlebih dahulu dan                                kemudian diproses secara bersamaan. Contoh : PDAM, PLN, kartu halo
      -   Online Transaction Processing : Transaksi langsung diproses begitu diterima.                        Contoh : Check in tiket, Mesin ATM 


  • Sistem Informasi Fungsional
Piramida sistem informasi
  

     Departmental (functional) IS

     -   Functional area : cakupan (coverage) aktivitas yang dilakukan dalam sebuah                         organisasi
     -   Functional information System : sistem informasi yang memiliki cakupan pada satu               functional area
          -  Memfasilitasi pekerjaan dan menghasilkan informasi untuk satu departemen atau                 satu functional area. Misal : keuangan, Sumber daya manusia,dll. 
     
   Sekumpulan aktivitas yang dilakukan oleh organisasi untuk memberikan nilai tambah           bagi produk atau jasa yang diberikan. Meliputi inbound logistic, warehouse and storage,       outbound logistics, marketing and sales,and cutomer service.

  • Contoh Sistem Informasi Fungsional
      1.  Production and Operation



   
     Production dan operation merupakan fungsi dalam organisasi yang bertanggung jawab         untuk proses transformasi input menjadi output. Fungsi ini bisa berbeda, tergantung dari       tipe organisasi. Organisasi manufaktur akan berbeda dengan organisasi yang                       menyediakan jasa atau berbeda dengan universitas atau rumahsakit.

    
   2.  Human Resources


                HRD merupakan bagian terpenting yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup             perusahaan.Oleh karena itu, beberapa perusahaan menganggap bahwa HR adalah             nyawa bagi perusahaan. Pada dunia kerja, HR memiliki tugas dalam proses rekrutmen         atau pencarian tenaga kerja, mulai dari mencari kandidat terbaik, melakukan sesi                 wawancara atau interview, sampai proses penyeleksian. HR juga bertanggung jawab           penuh dalam mengelola dan menggali kemampuan dari setiap tenaga kerja yang ada,         serta mengembangkan potensi para tenaga kerja ini melalui beberapa metode, seperti         penilaian kinerja karyawan atau yang kita kenal dengan KPI (Key Performance Index)           dan juga memberikan pelatihan-pelatihan atau trainning mengenai kepemimpian dan           keterampilan lain dunia kerja.




    3.  Sales and Marketing


                Sales dan marketing tidak dapat dipisahkan karena keduanya saling terkait. Seorang           sales dalam menjalankan tugasnya adalah untuk menjual produk, oleh karena itu                 seseorang sales harus memiliki kemampuan untuk bisa berkomunikasi dengan baik             kepada setiap orang yang berhubungan langsung dengan produk tersebut. Kemampuan       untuk berkomunikasi ini sangat diperlukan dan harus disesuaikan dengan waktu, tempat       dan karakter orang yang ditemui. Hal ini akan sangat terasa sekali apabila terjadi                   masalah yang menyebabkan seorang sales harus menghadapi lebih dari satu orang             dengan beragam keinginan pula.
                Marketing adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk memasarkan produk                   atau mengenalkan produk kepada masyarakat dengan berbagai cara, agar produk               tersebut menjadi banyak diminati oleh masyarakat luas. Sehingga dalam hal ini                     pengertian marketing tidak hanya sebatas saat terjadi pemasaran, namun juga                     mengenai strategi yang digunakan, serta cara memberikan kepuasan kepada                       konsumen.    


               4. Asset Management



              Sistem informasi ini digunakan untuk mengelola inventaris asset dalam sebuah                     organisasi. Fungsi bisnis yang terlibat dapat mengikuti siklus hidup asset, mulai                     perencanaan sampai dengan disposal asset (penghapusan asset).


               5. Accounting



               Sistem informasi akuntansi digunakan untuk mendukung pencatatan dan pelaporan  
     berbagai  transaksi bisnis dan aliran dana di dalam organisasi. 
     -   Order Process
         Mencatat dan memproses permintaan (order) pelanggan dan mencetak 
         invoice pelanggan,
     -   Inventory Control
         Memproses data yang mencer minkan perubahan pada inventori dan memberikan 
         informasi pemesanan dan pengiriman.
    -    Accounts Receivable 
         Mencatat jumlah tagihan kepada pihak pelanggan dan menghasilkan  laporan kredit 
         pada manajemen.
-   Accounts Payable 
        Mencatat pembelian dari, utang atau tagihan kepada pemasok dan pembayaran ke                    
        pemasok serta menghasilkan cash management reports.
   -    Payroll
        Mencatat pekerjaan dan data kompensasi serta mengasilkan paychecks dan laporan          
        penggajian. 
   -    General Ledger
         Melakukan konsolidasi data dari sistem akuntansi yang lain dan menghasilkan 

         laporan keuangan periodik. 










Sumber: 



 1. Power Point Pengantar Teknologi Informasi oleh : Aloysius Bagas Pradipta Irianto 

               S.Kom., M.Eng.
 
  













0 komentar:

Posting Komentar