- Komputer
Komputer
merupakan
piranti
elektronik
yang beroperasi
dibawah
kendali
instruksi komputer
· Pointing device
Sumber:
Siklus Pengolahan Informasi
Komputer terdiri atas berbagai komponen elektrik, elektronik dan mekanik yang disebut Hardware
|
1. Perangkat Input
Merupakan data atau instruksi yang dimasukkan ke memori komputer. Piranti input merupakan perangkat keras yang memungkinkan pengguna untuk memasukkan data dan instruksi(program, perintah atau respons pengguna) ke computer. Diantaranya : Keyboard, Pointing devices, Touch devices, Scanner, Readers & Camera, Audio input.
· Keyboard
Merupakan piranti input yang terdiri dari berbagai tombol (keys) yang digunakan untuk memasukkan huruf, angka atau symbol lain.
· Pointing device
Merupakan piranti input yang memungkinkan pengguna untuk mengatur atau mengendalikan penunjuk (pointer) di layar dan digunakan untuk memilih dan memanipulasi objek, memasukkan beberapa tipe data (mis. handwritten data), dan memberikan perintah ke komputer.
Beberapa jenis pointing device :
· Mouse
Alat penunjuk yang umum digunakan sehingga pengguna mudah menggeser kursor di sepanjang permukaan datar untuk memindahkan penunjuk di sekitar layar dan mengeklik tombolnya untuk membuat pilihan.
· Touch Pad
Piranti penunjuk yang berbentuk segi empat, kecil serta mendatar yang bersifat sensitif terhadap penekanan dan gerakan.
· Pointing stick
Piranti penunjuk yang peka terhadap tekanan berbentuk seperti penghapus yang terletak di antar tombol keyboard.
· Touch device
Merupakan piranti penampil yang peka terhadap sentuhan dan memungkinkan pengguna untuk menyentuh layar dengan jejari untuk memiliih perintah (command) atau memberikan input ke komputer.
· Barcode reader
Pembaca barcode (atau pemindai kode batang) adalah perangkat elektronik yang dapat membaca dan mencetak kode bar ke komputer. Seperti pemindai flatbed, ia terdiri dari sumber cahaya, lensa dan sensor cahaya yang menerjemahkan impuls optik ke sensor listrik. Selain itu, hampir semua pembaca barcode berisi sirkuit decoder yang menganalisis data gambar barcode yang disediakan oleh sensor dan mengirim konten kode batang ke port keluaran pemindai.
· RFID reader
RFID adalah singkatan dari Radio Frequency Identification. RFID adalah sistem identifikasi tanpa kabel yang memungkinkan pengambilan data tanpa harus bersentuhan seperti barcode dan magnetic card seperti ATM. RFID kini banyak dipakai diberbagai bidang seperti perusahaan, supermarket, rumah sakit bahkan terakhir digunakan dimobil untuk identifikasi penggunaan BBM bersubsidi.
· Audio & video input
Audio & video input adalah perangkat yang memasukkan data melalui video atau suara seperti suara tuts piano.
· Voice input & speech recognition
Voice input & speech recognition adalah suatu system computer dimana pengguna memerintah melalui suara dan computer akan menganalisasinya dan menampilan apa yang diminta oleh pengguna tersebut
· Biometrics input
Teknologi biometrics adalah teknologi kemanan yang menggunakan bagian tubuh sebagai identitas.
2. Perangkat Output
Output merupakan data yang telah diproses ke bentuk yang berguna. Komputer memproses process data (input) menjadi informasi (output), sedangkan piranti output merupakan perangkat keras yang menyampaikan informasi kepada pengguna.
· Display device
Piranti yang secara visual menyampaikan informasi teks, grafis atau video, seperti: Plasma monitors, CRT monitor, dan Televisi
· Printer
Printer menghasilkan teks dan grafik pada media cetak yang disebut
hard copy, atau printout dan memiliki orientasi lansekap atau potret,
seperti :- Printer nonimpact (membentuk karakter dan grafis di selembar
kertas tanpa benar-benar mencolok kertasnya)- Printer foto (menghasilkan gambar berkualitas foto-lab berkualitas)
- Perangkat multifungsi (MFP) (perangkat yang mencetak, memindai,
menyalin, dan dalam beberapa kasus, faksimile)
- Printer thermal (menghasilkan gambar dengan menekan pin
yang dipanaskan secara elektrik pada kertas yang peka panas)
- Printer seluler (printer bertenaga kecil dan ringan yang memungkinkan
pengguna ponsel mencetak dari komputer notebook,ponsel cerdas,
atau perangkat seluler lainnya)
- Printer label (printer kecil yang dicetak pada bahan tipe perekat)
- Plotter (digunakan untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi)
- Printer dengan format besar (membuat cetakan warna berkualitas
foto-realistis dalam skala yang lebih besar)
- Impact printers (membentuk karakter dan grafis pada selembar
kertas dengan cara menekan sebuah mekanisme melawan pita
tinta yang secara fisik menyentuh kertas)
- Ink-jet (printer membentuk karakter dan grafis dengan menyemprotkan
tetesan tinta cair kecil ke selembar kertas)
- Printer dot-matrix (menghasilkan gambar tercetak saat pin kawat
kecil pada mekanisme kepala cetak menyentuh pita tinta),
- Line printer (mencetak seluruh baris sekaligus)
· Speakers, Headphones, and Earbuds
Perangkat output audio menghasilkan musik, ucapan, atau suara lainnya
- Headphone adalah speaker yang menutupi atau diletakkan di luar telinga
- Earbuds (juga disebut earphone) beristirahat di dalam saluran telinga
- Speaker didesain khusus untuk memutar audio
· Data projector
Sebuah perangkat yang mengambil teks dan gambar yang ditampilkan di layar komputer dan memproyeksikannya ke layar yang lebih besar.
· Papan tulis interaktif
Perangkat yang peka terhadap sentuhan, menyerupai papan pada umumnya dan menampilkan gambar di layar komputer yang terhubung.
3. Piranti Pemroses
System unit merupakan sebuah tempat yang berisi komponen elektronik sebuah komputer yang digunakan untuk mengolah data.
· Mother board
Motherboard (a.k.a system board) merupa-kan main circuit board dari sebuah system unit dan terdiri dari expansion slots, processor chips, dan memory slots
· Processor
Disebut juga dengan central processing unit (CPU), berfungsi mengintepretasi dan melaksanakan instruksi untuk mengoperasikan sebuah computer, terdiri atas sebuah control unit (CU) dan sebuah arithmetic logic unit (ALU) yang secara bersama bekerja untuk melakukan operasi pengolahan. Setiap instruksi yang dilaksanakan, processor akan melaksanakan 4 operasi dasar, yang membentuk satu siklus mesin.
3. Piranti Penyimpan
Storage menyimpan data, instruksi, dan information untuk digunakan kembali (future use). A storage medium, (sering disebut secondary storage) merupakan material fisik di mana data, instruksi, dan informasi disimpan.
· Hard disk
Berisi satu atau lebih piring sirkular yang tidak fleksibel yang menggunakan partikel magnetik untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi.
· Hard disk eksternal
Hard disk berdiri bebas yang terhubung ke komputer Anda dengan kabel atau tanpa kabel.
· Memory card
Perangkat memori flash removable yang di sisipkan dan lepaskan dari slot di komputer, perangkat mobile, atau pembaca kartu.
· USB flash drives
Biasanya dicolokkan ke port USB pada komputer atau perangkat mobile.
· ExpressCard module
Perangkat removable yang bisa di slot ExpressCard.
· Cloud Storage
Sebuah layanan Internet yang menyediakan penyimpanan ke pengguna computer.
· Optical Disc
Sebuah cakram optik terdiri dari cakram portabel datar dan bundar yang terbuat dari logam,plastik dan lak yang ditulis dan dibaca oleh laser, biasanya menyimpan perangkat lunak, data, foto digital, film, dan musik. Tersedia dalam read only dan rewritable.
· Tape
Pita plastik berlapis magnetis yang mampu menyimpan sejumlah besar data dan informasi
· Magnetic stripe card
Berisi garis magnetik yang menyimpan informasi.
· Smart card
Menyimpan data pada mikroprosesor tipis yang tertanam di kartu.
· Microfilm and microfiche
Mikrofilm dan microfiche menyimpan gambar mikroskopis dokumen pada gulungan atau lembaran film.
· Enterprise storage
Menyimpan sejumlah besar data dan informasi untuk bisnis besar.
Sumber:
- Power Point Pengantar Teknologi Informasi oleh : Aloysius Bagas Pradipta Irianto S.Kom., M.Eng.
- https://winpoin.com/wp-content/uploads/2017/02/bagian-bagian-komputer.png
0 komentar:
Posting Komentar