- Enhancing Decision Making
Pengambilan keputusan kerap dan harus dilakukan dalam sebuah organisasi bisnis. Keputusan yang diambil dapat terjadi dalam semua lini manajemen. Untuk mendapatkan keputusan yang baik dan berkualitas perlu adanya dukungan atas data/informasi yang baik juga.
1. Unstructured decision
Keputusan diambil dengan mempertimbangkan penilaian, evaluasi atau wawasan untuk
memecahkan masalahnya,menuntut pengalaman dan berbagai sumber dari luar
(contoh: keputusan untuk bekerjasama dengan organisasi lain).
Tahap ini sering dilakukan oleh senior executive
2.Structured decision
Keputusan yang rutin dan berulang, di mana pengambil keputusan mengikuti sebuah
prosedur yang jelas.Contoh: Keputusan pergi ke kampus.
3.Semi Structured decision
Keputusan yang sebagian dapat diprogram, berulang - ulang dan rutin sebagian
lagi tidak terstruktur.
Contoh :Data penjualan barang di suatu derah menunjukkan kecenderungan untuk
turun dalam 6 bulan terakhir. Manajer akan mengumpulkan berbagai data dari sistem
informasi (bagian terstruktur) dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan informasi
luar (tidak terstruktur) sebelum mengambil keputusan. Sering dilakukan oleh
middle management
middle management
1.Intelligence
Menemukan, mengidentifikasi dan memahami masalah yang terjadi pada organisasi
2.Design
Menggali berbagai alternatif solusi yang mungkin
3.Choice
Memilih alternatif solusi yang terbaik
4.Implementation
Menerapkan pilihan yang diambil dan melakukan monitoring bagaimana solusi tersebut
bekerja.
bekerja.
Peran manajer dalam pengambilan keputusan
Peran Interpersonal
Manajer bertindak sebagai figur utama dalam organisasi ketika mereka mewakili
perusahaan kepada dunia luar dan melakukan tugas - tugas simbolik, seperti
memberikan penghargan kepada karyawan. Manajer juga bertindak sebagai pemimpin,
memberikan motivasi, nasihat dan
perusahaan kepada dunia luar dan melakukan tugas - tugas simbolik, seperti
memberikan penghargan kepada karyawan. Manajer juga bertindak sebagai pemimpin,
memberikan motivasi, nasihat dan
mendukung bawahannya. Manajer bekerja sebagai penghubung antar berbagai
tingkatan dalam organisasi.
tingkatan dalam organisasi.
Peran Informasi
Manajer bertindak sebagai pusat saraf dari organisasi, menerima informasi terkini yang
paling konkret dan mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkannya juru
bicara dalam organisasi.
paling konkret dan mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkannya juru
bicara dalam organisasi.
Peran Dalam Pengambil Keputusan
Manajer bertindak sebagai wirausahawan dalam mengusulkan jenis - jenis aktivitas baru,
menangani gangguan - gangguan yang muncul dalam organisasi, pengalokasian
sesumber, negosiator business intelligence
menangani gangguan - gangguan yang muncul dalam organisasi, pengalokasian
sesumber, negosiator business intelligence
Business intelligence
Merupakan infrastruktur untuk mengumpulkan, menyimpan menganalis
data yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis.
data yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis.
Elemen BI Environment
- Data from the business environment
- Business intelligence infrastructure
- Business analytics toolset
- Managerial users & methods
- Delivery platform – MIS, DSS, ESS
- User interface
Decision Support System (DSS)
SIM
Membantu manajer mengawasi dan mengelola bisnis dengan menyediakan informasi
dan kinerja perusahaan. SIM secara khusus menghasilkan laporan yang sifatnya tetap
dan rutin (terstruktur berdasarkan data yang diperoleh dan dirangkum dari sistem
pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan
dan kinerja perusahaan. SIM secara khusus menghasilkan laporan yang sifatnya tetap
dan rutin (terstruktur berdasarkan data yang diperoleh dan dirangkum dari sistem
pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan
DSS
Sebuah sistem komputer yang interaktif, user - friendly,
digunakan pada level manajemen yang memadukan data dan model dan alat analisis
untuk mendukung pengambilan keputusan yang semi terstruktur atau tidak terstruktur.
digunakan pada level manajemen yang memadukan data dan model dan alat analisis
untuk mendukung pengambilan keputusan yang semi terstruktur atau tidak terstruktur.
ESS
Membantu manajer puncak untuk menaruh perhatian pada informasi kinerja organisasi
ESS mengumpulkan data dari seluruh organisasi dan memungkinkan manajemen untuk
memilih,mengakses dan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan mereka dengan
menggunakan alat analisis dan display data online.
Sumber:
1. Power point Pengantar Teknologi Informasi oleh : Aloysius Bagas Pradipta
Irianto S.Kom.,M.Eng.
2. https://eternalsunshineoftheismind.files.wordpress.com/2013/02/picture11.png
3. https://enoenone.files.wordpress.com/2014/10/pengambilan-keputusan.jpg
memilih,mengakses dan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan mereka dengan
menggunakan alat analisis dan display data online.
Sumber:
1. Power point Pengantar Teknologi Informasi oleh : Aloysius Bagas Pradipta
Irianto S.Kom.,M.Eng.
2. https://eternalsunshineoftheismind.files.wordpress.com/2013/02/picture11.png
0 komentar:
Posting Komentar